Kebanggaan Baru Etoser Makassar di LKTIN XII 2018

0
351

Kebanggaan Baru Etoser Makassar di LKTIN XII 2018

Oleh: Muhammad Fajrul

Etoser Makassar

 

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) XII yang diadakan oleh program studi ilmu ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) adalah sebuah Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diikuti oleh siswa SMA/sederajat dan mahasiswa. LKTIN dipresentasikan per tim oleh siswa SMA/sederajat yang diikuti maksimal tiga orang. Jumlah tim yang akan diundang ke Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) untuk melakukan presentasi untuk SMA/sederajat sebanyak 10 tim dan mahasiswa sebanyak 5 tim, ke semua peserta dinilai oleh juri yang berjumlah tiga orang untuk SMA/sederajat dan Universitas yang kompeten dalam bidang ekonomi yang berkedaulatan pangan dan energi Indonesia. Penentuan juara akan ditentukan oleh juri dengan mengakumulasikan nilai yang diperoleh oleh masing–masing tim.

Ketika mendapat info tentang lomba ini, saya sangat tertarik dan antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Kebetulan saya mempunyai ide yang sesuai dengan tema yang diadakan oleh panitianya. Sayapun mencari teman untuk ikut bergabung di tim saya dan seiring berjalannya waktu saya sudah dapat membentuk tim dan saya sebagai ketua kelompoknya. Pembagian tugas bab perbab saya atur sedemikian rupa agar dapat memaksimalkan hasil yang baik. Penuh kelelahan untuk menyusun sebuah karya tulis dan dengan kerja keras karya tulispun jadi. Pendaftaran sebagai peserta telah kulakukan dan tinggal menunggu pengumuman seminggu kedepannya. Penuh kegembiraan ketika lolos sebagai finalis lima besar dalam lomba karya tulis ilmiah ini.

Kami terbang dengan menggunakan maskapai Citilink ke Surabaya dan tidak langsung ke Yogyakarta. Kami di Surabaya dan menginap semalam di asrama Beastudi Etos Surabaya dan disambut dengan baik. Keesokan harinya berangkat dari Surabaya ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta. Hal ini dilakukan untuk menekan beban perjalanan menjadi seminimum mungkin. Karena perjalanan dengan hal tersebut lebih murah dibandingkan dengan pesawat yang langsung landing di bandara Yogyakarta. Sesampainya di Yogyakarta kami dijemput langsung oleh panitianya dan menuju penginapan untuk melakukan registrasi.

Tak membutuhkan waktu lama satu persatu tim menuju ke ruang presentasi. Kami, tim Universitas Hasanuddin, mendapatkan giliran ke 3 untuk presentasi. Giliran kami akhirnya tiba, kami langsung mempresentasikan materi kami semaksimal mungkin. Selesai mempresentasikan karya tulis kami menunggu di aula. Alhamdulillah kami berhasil mendapatakan juara III yang kalah dari Universitas Kristen Satya Wacana dan Unversitas Gadjah Mada (UGM) yang mendapatkan juara I dan Juara II. Sebuah awal yang baik untuk terus berprestasi.

Komentar via Facebook
BAGIKAN