Kebermanfaatan Tanpa Henti (Seni Mewujudkan Pendidikan Berkarakter Bersama Desa Produktif Beastudi Etos Banten)

0
247
Kebermanfaatan Tanpa Henti
Kebermanfaatan Tanpa Henti

Perubahan zaman telah melahirkan pelbagai dinamika kehidupan bagi bangsa Indonesia bahkan dunia. Arus globalisasi menjadi pena pengubah sejarah peradaban sebuah bangsa. Globalisasi bagaikan tsunami tersirat yang tidak bisa terlihat secara terbuka namun dapat dirasakan secara nyata. Bagaimana tidak, jika sebuah bangsa tidak dapat membangun pondasi kokoh dan kuat yang membentengi para serdadu-serdadunya dari derasnya arus globalisasi, maka bangsa itu harus bersiap terombang-ambing bahkan terseret terbawa arus globalisasi tersebut.

Membangun pondasi kokoh dan kuat yang mampu menahan arus globalisasi bukan hanya menjadi tugas pemerintah pusat ataupun daerah. Peran serta keluarga, segenap lapisan masyarakat dan kolaborasi para pemuda yang notabennya adalah generasi penerus bangsa sangatlah diperlukan, sebab mereka adalah lingkungan dasar dan pendidik yang baik  dalam membangun pondasi-pondasi tersebut.

Beastudi Etos Banten melalui kegiatan Desa Produktif mencoba untuk mengkolaborasikan lingkungan keluarga, masyarakat dan pemuda setempat dalam membangun pondasi tersebut. Program desa produktif adalah perogram yang dirancang untuk mendorong dan menumbuhkan semangat masyarakat dalam memajukan desa tempat ia tinggal. Artinya Desa Produktif berusaha memadukan antara unsur internal socio-dynamic dengan program pembangunan sektoral yang ada sehingga secara kualitas dan kuantitas dapat terlihat dampak dan manfaatnya.

 Desa Produktif Beastudi Etos Banten fokus pada sektor pendidikan berkarakter yang tertuju pada anak-anak usia dini dan juga usia sekolah dasar. Kami meyakini, pendidikan karakter dapat membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter yang dilakukan secara kolaboratif antara pemuda, masyarakat dan lingkungan keluarga juga dapat menjadi kontroling aktivitas dan tindakan  para generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter ini bukan hanya dijadikan sebuah perkataan ataupun sebatas tulisan, tetapi harus kita implementatifkan secara bersama dalam menjawab derasnya arus tantangan globalisasi yang begitu masif.

Proses pendidikan karakter ini sudah dilakoni selama empat tahun lamanya. Tak semudah membalikkan telapak tangan, dengan menggunakan prinsip keikhlasan dan kebermanfaatan Desa Produktif (Despro) Beastudi Etos Banten selalu mencoba mencari pelbagai ide-ide kreatif anak bangsa yang dapat mengkolaborasikan seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong membangun Indonesia yang lebih baik, selalu dan selamanya. Keikhlasan adalah modal dasar bagi siapa saja yang ingin melakukan kebermanfaatan untuk orang-orang sekitarnya.

Lihatlah burung yang tak pernah berhenti memberi kebermanfaatan untuk alam sekitarnya. Burung adalah perantara terjadinya proses penyerbukan. Burung juga menjadi bagian mata rantai kehidupan. Setiap pagi burung selalu memberikan kebahagiannya kepada siapa saja yang ada didekatnya. Katupan sayapnya, menjadi ide awal terbentuknya pesawat terbang, bahkan kotorannya sekalipun memeberikan kebermanfaatan bagi tumbuh-tumbuhan. Burung melaksanakan semua itu semata-mata karena ketaatanya kepada Tuhan yang menciptakannya.

Sebagai makhluk yang berpikir, apakah kita tidak malu melihat keikhlasan dan kebermanfaatan yang telah dilakukan sang burung ?, jawaban itu ada di benak kita masing-masing. Melalui tulisan ini, kami mengajak teman-teman semua, ayo bersama kita berlomba-lomba dalam menebar kebaikan dan kebermanfaatan untuk negeri ini hingga saat nya tiba kita tidak dapat lagi menebar kebermanfaatan yang selama ini kita lakukan. “Sebab Indonesia ada bukan sebatas barisan pulau-pulau, tapi Indonesia ada karena barisan pemudanya yang meyuarakan kemerdekaan Indonesia (Nazwa Shihab)”.

Komentar via Facebook