Ki Hajar Dewantoro dan Relevansi Memimpin

0
839

Tantangan di zaman sekarang yang begitu kompleks membuat kepemimpinan strategis sangat dibutuhkan, permasalahan-permasalahan yang hadir disetiap kepemimpinan semakin lama semakin kompleks maka seorang pemimpin strategis  harus memiliki sebuah gebrakan untuk mencerna masalah-masalah tersebut lalu menuai solusi bersama-sama.

Kepemimpinan strategis adalah sebuah proses  dalam mengarahkan sebuah team ataupun organisasi untuk dapat bersama-sama menempuh sebuah visi, dan tak jarang menjadi seorang motivator terhadap teamnya. Secara sederhananya, kepemimpinan strategis adalah seperti apa yang telah dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara.

Ing ngarso sung tulodho, pemimpin harus bisa menempatkan dirinya di depan teamnya,  dapat dilihat secara langsung, dan ketika seorang pemimpin berada di depan teamnya mereka dapat memberikan contoh-contoh yang baik yang dapat menjadi teladan bagi seluruh anggota teamnya. Apabila kita jabarkan, maka seorang pemimpin setidaknya harus memiliki sikap optimis, visioner, serta ketahan atau resilience yang apabila ketiga hal tersebut digabung maka akan menjadikan dirinya sosok yang tidak akan pernah berhenti untuk meraih tujuan serta dapat memotivasi anggota teamnya agar dapat terus berdiri untuk menggapai visi bersama.

Ing madyo mangun karso, seorang pemimpin harus dapat merasakan bagaimana situasi ditengah-tengah sebuah team dalam berbagai keadaan sehingga dapat menyesuaikan diri untuk memberikan “penggugah rasa” yang relevan dengan kebutuhan teamnya di segala situasi. Tentunya sikap ing madyo mangun karso dapat dimiliki dengan baik apabila kita telah “menguasai” ing ngarso sung tulodho. Karena apabila kita tidak menguasai sikap tersebut terlebih dahulu, bisa jadi ketika sebuah team dalam posisi jatuh, kita justru berada ditengah-tengah mereka dan “menjatuhkan” diri bersama-sama dengan team.

Tut wuri handayani, seorang pemimpin terkadang juga memiliki waktu untuk tidak dilihat oleh siapapun namun tetap memberikan dampak yang luarbiasa terhadap teamnya serta memberikan waktu kepada teamnya untuk bergerak di depan mengeksplorasi diri namun tetap bergerak sesuai koridor-koridor kepemimpinan yang telah kita berikan.

Dari ketiga hal tersebut dapat disimpulkan bahwa arti dari kepemimpinan strategis adalah suatu cara dalam memimpin dimana kita dapat secara dinamis memposisikan diri agar sebuah team dapat merasakan arti dari sebuah kepemimpinan tanpa merasakan sebuah kekangan, karena tetap terdapat ruang-ruang bagi anggota team agar dapat terus bergerak dinamis serta mengeksplorasi kemampuan personal mereka

Komentar via Facebook
BAGIKAN