Kisah si Pendidik Desa Produktif Galuga

0
504

Bogor – Pada 14 Oktober kemarin Desa Produktif Beastudi Etos wilayah Bogor kembali melaksanakan kegiatan desa produktif di SDN Dukuh 02 Galuga, Bogor. Kegiatan di kelas 1 dimulai pukul 08.45 WIB dengan pengenalan bangun datar, menggambar bangun datar di kertas origami dilanjutkan muroja’ah surat An-Nas sampai surat An-Nashr. Kegiatan ditutup dengan doa. Pulang berurutan sambil membagikan buku tabungan. Anak baik itu rajin menabung:)

Kegiatan kelas 2 diawali dengan doa sebelum belajar dilanjut menghafal surat Al-Fill. Siswa dibagikan origami untuk menggambar bangun datar, hiasan dinding, dan menulis anggota keluarga dalam kertas kecil. Setelah itu siswa maju secara acak untuk menyebutkan dan menulis nama-nama hari dan bulan dengan urut. Sayangnya masih beberapa siswa yang belum lancar menulis. Kegiatan diakhiri dengan hafalan doa harian serta doa setelah belajar.

Kegiatan kelas 3 diawali dengan berdoa dan dilanjutkan dengan membaca surah An-Nas sampai Al-Ikhlas. Selanjutnya penyampaian materi dan membuat origami kupu-kupu. Kegiatan diakhiri dengan berdoa dan membersihkan kelas. Seperti biasa kegiatan Kelas 4 hari ini dimulai dengan berdoa bersama, kemudian dilanjutkan dengan absensi. Kemudian untuk membentuk jiwa sosialisasi Etoser mengimplementasikan dalam bentuk game. Setelah game selesai dilanjutkan dengan pemutaran video motivasi untuk adik adik kelas 4. Selanjutnya kegiatan di akhiri dengan menghafal surat surat pendek dan tugas untuk membuat biodata diri.

Progres kegiatan kelas 5 lebih baik dari minggu sebelumnya. Kegiatan dimulai dengan membaca doa, kemudian bermain games. Anak-anak sudah hafal niat berwudhu yang diajarkan Minggu kemarin. Pengajaran tentang minat, telah diberikan dua puisi yang berbeda kemudian siswa mampu membedakan cara pembawaan ekspresi dalam membaca puisi senang dan semangat. Namun siswa masih belum berani menampilkan bakat mereka untuk membaca puisi di depan. Akhir kegiatan diberikan trik perkalian menggunakan jari tangan, mereka sangat antusias dan beberapa siswa bisa mengaplikasikannya. Catatan Minggu ini terdapat beberapa siswa yang membawa smartphone dan menggunakannya di dalam kelas, untuk siswa tersebut sudah ditegur namun belum disampaikan ke wali kelas.

Kegiatan kelas 6 dimulai dengan pembacaan doa sebelum belajar plus surah pendek. Kegiatan kelas 6 kali ini disampaikan kandungan surah Al-Isra tentang berakhlak kepada orang tua. kelas 6 kali ini lebih special karena mulai saat ini sudah fokus untuk persiapan UN. Untuk materi kali ini melanjutkan latihan soal matematika UN dan diakhiri dengan statement imam syafii tentang belajar “Jika engkau tidak bisa menahan letihnya belajar. Banyak Masalah yang perlu di capai solusinya tapi kita yakin waktu yang akan menjawab dengan jawaban yang terbaik yang harus kita perhatikan tak lain hanyalah keistiqomahan kita memang terasa sulit bahkan pribadi ini pun merasakan memang ini akan menjadi pr kita bersama.

Komentar via Facebook
BAGIKAN