Membentuk Karakter Dan Iman Anak Dalam Tantangan Zaman

0
146

Ciputat – Minggu, 30 September 2018. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ahmad, at-Thabrani). Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Seakan tanpa mengenal kata lelah, hari ini melalui semangat berkontribusi para mahasiswa penerima manfaat Beastudi Etos UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui program Desa Produktif (Despro) kembali melakukan kegiatan pendampingan terhadap masyarakat Kelurahan Rengas dengan mengadakan kegiatan seminar untuk orangtua.

Seminar ini mengusung tema “Membentuk karakter dan iman anak dalam tantangan zaman”. Melihat perkembangan zaman yang begitu cepat ditambah lagi dengan percepatan revolusi industri 4.0 peran serta pendidikan sangatlah penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Karakter dan kepribadian anak dibentuk dari pendidikan dilingkungan keluarga, sekolah, dan juga masyarakat. Sehingga urgensi peran serta orang tua sangatlah dibutuhkan dalam dunia pendidikan anak.

Despro Beastudi Etos UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berfokus pada pembentukan karakter anak, melalui program pendidikan mencoba mengajak para orangtua/wali agar ikut berperan aktif dalam mengawasi dan mengontrol pertumbuhan anak diluar pendidikan formalnya. Dengan diadakannya seminar ini diharapkan para orang tua dapat lebih baik dalam mendidik anak dengan mengedepankan akhlak islami sesuai dengan tuntunan zamannya. Seminar ini mengahadirkan pembicara yang ahli dalam bidang psikologi anak yaitu Ibu Nafia Wafiqni, M.Pd. yang sekaligus Dosen Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Anak ketika usia 5-12 tahun sangatlah mudah meniru dan tentunya membutuhkan sosok seorang model. Jika ingin menjadi model, maka ada 3 hal yang harus dipenuhi yaitu harus memiliki karakter islami, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dan 3C concent (perhatian) Commitment (janji) continuity (terus menerus).” ulas Ibu Nafia.

Seminar pun berlangsung interaktif antara pembicara dengan peserta. Keantusiasan peserta dalam mengikuti segenap pembahasan tentang tips mendidik anak yang disampaikan pembicara, terlihat dari berbagai pertanyaan yang menyangkut kegelisahan mereka dalam mendidik anak. Seminar ini diwarnai dengan tangis haru orangtua sebagaimana secara naluriah mereka para orang tua menyadari bahwa pentingnya keberadaan orang tua dalam membentuk karakter seorang anak sangat diperlukan. Anak adalah investasi terbesar yang dimiliki oleh para orangtua. Membentuk anak menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orangtua, nusa dan bangsa adalah cita-cita dan dambaan semua orangtua.

Pesan dari seminar ini ialah “jadilah model untuk sang buah hati karena anak akan meniru semua perbuatan orang-orang terdekatnya dan berinteraksilah dengan lembut kepadanya, sebab perlakuan kasar kepada anak akan membuat anak bertambah membangkang atau bahkanmembenci orangtuanya. Karenanya bersikaplah lemah lembut namun tetap tegas kepada anak”.

Informasi lebih lanjut:

Email: desaproduktifbanten@gmail.com

Instagram: @etosyahid

Youtube: Etos Banten

Komentar via Facebook
BAGIKAN