Menitipkan Sejuta Ilmu

0
48

Oleh: Kartika Isna Sujati

Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara VI Regional Yogyakarta, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan adalah salah satu kunci kebangkitan peradaban suatu bangsa. Pendidikan juga menjadi salah satu kriteria kemajuan peradaban suatu bangsa. Sebagaimana kita tahu, pendidikan memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu memanusiakan manusia.

Mewariskan ilmu kepada generasi-generasi masa depan peradaban bangsa Indonesia menjadi suatu keniscayaan agar bangsa ini terus hidup. Gelombang-gelombang ilmu selayaknya diberikan dengan sebaik-baik pemahaman dan pemaknaan, tidak hanya sekedar penyampaian bahasa melalui retorika yang cerdas. Dan tak kalah hebatnya jika pendidikan karakter profetik dan pendidikan moral mampu menjadi landasan berpikir, bertindak, serta berperilaku para calon pemimpin-pemimpin masa depan.

Berkarya merupakan salah satu bukti nyata dari kekuatan pemuda. Berkontribusi adalah konkritisasi keberagaman karya pemuda. Sumbangsih pendapat dan pandangan mengenai pendidikan banyak sekali dilakukan para pemuda, dari berbagai sudut pandang, dari berbagai perspektif problematika yang muncul, dan dari hal-hal lain yang menjadi spesialisasi peran mereka masing-masing dalam penyampaian gagasannya. Kami memilih berkontribusi dalam bentuk lain. Kami memilih menjadi seseorang yang kelak bisa menitipkan sejuta ilmu kepada anak-anak Indonesia, guru sekolah dasar.

Bagi kami menjadi seorang penitip ilmu bagi anak-anak Indonesia tidak sekedar menyampaikan tuntutan materi yang menjadi pendukung indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran, ada makna yang lebih hebat yang kami rasakan ketika kami melihat semangat belajar anak-anak Indonesia yang luar biasa. Kami menitipkan nilai-nilai agar menjadi pegangan dan pedoman hidup mereka kelak. Lewat nilai-nilai yang kami titipkan niscaya akan lahir guru-guru bangsa masa depan. Guru bangsa yang memiliki nilai ke-Islaman yang unggul dalam aqidah dan akhlaqnya. Guru bangsa yang memiliki nilai kebangsaan, sehingga mendorong semangat nasionalisme mereka agar kelak menjadi pemimpin muda yang tetap memiliki jati diri ke-Indonesiaan. Memiliki nilai kemandirian agar kelak mampu menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki sistem ekonomi strategis dan keunggulan dalam berbagai sektornya. Memiliki nilai kemanusiaan yang akan menjadi konsepsi hablum minannas  mereka, sehingga menciptakan keunggulan persatuan masyarakat.

Seiring dengan berkembangnya berbagai aspek kehidupan, kami tidak hanya dituntut untuk terampil dalam kemampuan mengelola pembelajaran di kelas, namun memiliki berbagai keterampilan lainnya. Berbagai kegiatan maupun produk pembelajaran kami pelajari, kembangkan, dan kami praktikan. Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masyarakat yang kemudian kami praktikan secara langsung melalui kegiatan learning services di berbagai sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebermanfaatan kegiatan perkuliahan kami bagi bersama berbagai guru sekolah dasar dari seluruh kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kegiatan display perangkat pembelajaran Pendidikan Kewarganegeraan. Kegiatan dan produk berbasis IT juga kami kembangkan melalui inovasi dan pengembangan media pembelajaran. Mengembangkan website yang kami rancang ramah anak-anak dengan konten yang dapat digunakan untuk bermain, belajar, dan menambah wawasan mereka.

Di lain kegiatan, kami harus memiliki keterampilan mengimplementasikan berbagai teknik pembelajaran maupun bimbingan. Satu yang menarik selama kegiatan kami, salah satunya kami harus mampu mengarransemen lagu anak-anak. Sebagaimana kita ketahui sekarang ini sangat minim sekali lagu yang dirasa tepat untuk perkembangan usia anak-anak, terutama anak-anak usia sekolah dasar. Kami belajar bersama menciptakan lagu anak-anak dengan konten lagu yang sarat akan berbagai nilai dan tentu saja nada, irama, lirik, serta bahasa disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak-anak.

Menjadi seorang penitip ilmu tidak hanya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, seperti dalam lagu, kami memiliki harapan panjang bagi bangsa ini. Karena kami memilih untuk hadir di samping mereka menitipkan nilai-nilai. Karena kami memiliki harapan besar bagi bangsa ini di tangan-tangan mereka kelak. Bukan hanya menitipkan sejuta ilmu, namun kami juga menitipkan doa-doa panjang agar bangsa ini kelak tetap menjadi bangsa yang bermartabat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY