Menjadi Aktivis Hebat Tak Semudah Membalikan Telapak Tangan

0
288

Menjadi Aktivis Hebat Tak Semudah Membalikan Telapak Tangan

 

Solo – Setelah semalam Future Leader Camp (FLC) 2018 resmi dibuka di Kusuma Sahid Prince Hotel, pagi tadi (04-05) 64 aktivis terpilih Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) berkesempatan mengikuti diskusi “Membaca Kepemimpinan Hari Ini dan Masa  Depan”  bersama Zaim Uchrowi. Dalam kesempatan kali itu Zaim menyampaikan beragam materi kepemimpinan yang relevan terjadi di jagat aktivis. Menurut Zain, saat ini para pemuda menghadapi berbagai tantangan kepemimpinan, salah satunya adalah patron klien di mana para petinggi melihat rakyat bukan sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

“Patron Klien pada akhirnya menimbulkan situasi yang pelik dan berujung pada gagalnya Indonesia mengindustri,” kata Zaim.

Menurutnya tantangan kepemimpinan tersebut dapat diatasi dengan pendidikan dan pembangunan karakter yang baik, karena kedua hal ini bisa menjadi landasan yang kuat. Zaim berujar jika kepemimpinan juga harus disokong dengan landasan dasar tauhid kuat yang meliputi Rububiyah, Mulkiyah, dan Uluhiyah.

“Indonesia, zaman ini, belum sampai pada tahap  Kepemimpinan Madani. Kepemimpinan Madani adalah pola Kepemimpinan Islam yang diajarkan oleh Rasulullah. Menurut saya, Jepang adalah negara yang telah mencapai pada tahap Madani, meskipun mereka bukan negara dengan mayoritas muslim, tapi mereka mampu menerapkan nilai-nilai Kepemimpinan Madani. Inilah yang menjadi tantangan kita dalam membentuk kepemimpinan masa depan,” tambahnya.

Sebelum menutup acara, Zaim Uchrowi mengajak para aktivis untuk mengeksplorasi dan mengasah kemampuan diri agar memiliki lima karakter sukses. Lima karakter sukses tersebut antara lain bersyukur, bercita-cita, bekerja keras, bekerjasama, dan berhijrah.

Tetap semangat aktivis hebat! (AR)

Komentar via Facebook