Nur Saudah Al Arifa Danur, Meraih Penghargaan Tokoh Perubahan 2012 Indonesia Young Islamic Leader Awards.

0
881
beastudi prestasi

Indonesia Young Islamic Leader Awards (IYIL AWARDS) merupakan ajang bergengsi tingkat nasional sebagai wadah pencarian mahasiswa muslim teladan, yang dinilai telah  berkontribusi dalam mengubah kondisi bangsa kearah yang lebih baik. Seleksi dilakukan dari ribuan mahasiswa seluruh Indonesia dan dari ribuan itu hanya akan diambil 10 pemenang Tokoh Perubahan. Para tokoh dan pemenang ini kemudian akan diumumkan pada International Moslems Students Summit (IMSS) 2012 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung.

IYIL Awards ini diikuti oleh perwakilan seluruh kampus Indonesia dengan proses seleksi yang sangat ketat dan memakan waktu lebih dari 3 bulan. Proses ini dimulai dari seleksi berkas dan administrasi, dilanjutkan dengan  seleksi wilayah atau regional, kemudian seleksi nasional berupa pembuatan essay dan pembuatan video profil nominator. Dari seleksi ini, ribuan peserta berkurang tinggal menjadi seratus nominator yang kemudian terpilihlah  20 nominator yang diundang ke Bandung untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Pada seleksi tahap akhir ini diberlakukan  karantina selama 3 hari 2 malam pada tanggal 12-14 Juli 2012 yang dilaksanakan  di ITB dan juga di area camping ground Nuruf Fikri Outbond Area, Lembang.

Setelah melewati seleksi yang cukup panjang akhirnya diperolehlah enam nama sebagai pemenang IYIL Awards.  Salah satunya adalah Nur Saudah Al Arifa Danur mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang juga merupakan penerima Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI  NUSA) dari Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa.

Mahasiswi yang biasa dipanggil Danur ini memang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, hal ini dapat dilihat dari prestasi dan pengalaman organisasinya. Tercatat ia merupakan pendiri Gadjah Mada Mengajar serta mahasiswa berprestasi Fakultas Teknologi Pertanian UGM tahun 2011. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Sosial dan Kemasyarakatan Badan Eksekutif  Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM tahun 2011, Dewan Pakar Agritech Study Club (ASC) , dan juga pendiri Halal Food Community.

 

Penganugerahan para pemenang  dilaksanakan dalam rangkaian acara Grand Opening International Moslems Students Summit (IMSS) yang mengusung tema besar “Young, Leadership, Better World”. Dalam acara ini pula dilaksanakan grand seminar yang bertema “Youth & Leadeship In Each Sector Around Us” dengan pembicara tokoh nasional yaitu , Dahlan Iskan (Menteri BUMN) dan Ibu Tri Mumpuni (pendiri Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan/ibeka). Seminar yang dihadiri lebih dari 2000 peserta perwakilan dari seluruh Indonesia ini dilaksanakan  Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) pada Ahad, 15 Juli 2012. Dalam sambutannya pada penganugerahan tersebut , Nur Saudah Al Arifa Danur menyampaikan pesan kepada generasi muda seluruh Indonesia yang hadir dalam International Moslems Students Summit (IMSS) untuk terus menanamkan spirit berkarya dan berkontribusi, tetap berkarya dimanapun berada. (arya)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY