Panji: Dari Umat Harus Kembali ke Umat

0
175

Panji Laksono, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Dept. Biologi Institut Pertanian Bogor (IPB) terpilih sebagai Penerima Manfaat Terbaik Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) Angkatan 7. Pengumuman prestasinya tersebut dilakukan dalam seremonial pengukuhan Bakti Nusa, National Mission 2019 pada Sabtu-Minggu (16-17/03) di Bogor.

Pada acara bertema “Menjaga Integritas, Berkhidmat untuk Kemanusiaan” tersebut, Panji didaulat untuk menyampaikan orasi mewakili teman-temannya. “Tiada muara lain selain umat, segala sesuatu yang berhulu dari umat”, seru Panji. Seruan ini sejalan dengan tekad para penerima manfaat Bakti Nusa untuk membangun masyarakat, berkhidmat untuk kemanusiaan, meneruskan kemanfaatan yang mereka dapatkan dari zakat umat.

Panji pun berbagi bekal pada teman-teman penerima BAKTI NUSA seangkatan dengannya, ada. “Ta’muruna bil ma’ruf, wa tanhauna ‘anil munkar, wa tu’minuna billah adalah tiga misi kenabian yang dibawa ke manapun kita berpijak”, pesan Panji. Kalimat yang ia nukil dari Alquran tersebut berisi tiga hal yang harus dilakukan untuk menjadi umat terbaik, yaitu menegakkan yang makruf, menjauhi kemunkaran, dan beriman kepada Allah.

Barakallah Panji, semoga kelak mampu menjadi pemimpin terbaik yang berintegritas.

Komentar via Facebook