Penerima Beasiswa BAKTI NUSA Belajar Mengenai Kebencanaan

0
125
Pembinaan Kepemimpinan Khas BAKTI NUSA
Pembinaan Kepemimpinan Khas BAKTI NUSA

Minggu (25/11) kemarin, mahasiswa penerima Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) mengikuti pembekalan mengenai kebencanaan. Materi tersebut mencakup manajemen bencana dan psychological first aid. Kedua materi tersebut diberikan agar para penerima manfaat dapat terjun memberikan respon saat terjadi bencana, sebagai bentuk kontribusi nyata mereka untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pembekalan materi ini dilakukan di Villa Bukit Surya Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Sebanyak 64 mahasiswa dari 20 kampus terbaik di Indonesia mendapatkan ilmu bagaimana cara melakukan pertolongan ketika ada bencana. Hal ini termasuk dalam pembinaan kepemimpinan yang sudah disusun oleh pengelola BAKTI NUSA.

Pembinaan kepemimpinan sendiri merupakan kekhasan dari program BAKTI NUSA. Beasiswa ini secara khusus memang diberikan kepada para aktivis kampus agar mereka dapat memberikan kontribusi terbaik mereka untuk masyarakat. Pembinaan kepemimpinan merupakan suplemen bagi penerima manfaat program ini agar kelak mereka dapat menjadi pemimpin terbaik untuk Indonesia”, jelas Budiyanto,Manager BAKTI NUSA.

Dalam pembekalan ini, Bambang Suherman selaku Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa menjelasakan bahwa kepemimpinan adalah mengenai keberanian mengambil keputusan dan  kesiapan dalam menyelesaikan masalah.

“Leadership itu, mempunyai 2 kompetensi dasar, pertama adalah kemampuan mengambil keputusan, dan yang kedua adalah problem solving, kemampuan mengelola konfilk yang ada dan  menawarkan solusi” jelas Bambang Suherman.

Dalam kegiatan ini Mayasita Darlina selaku Koordinator PFA Dompet Dhuafa, dalam training Psychological First Aid menjelaskan bahwa setiap manusia adalah unik, dan biasanya bereaksi dengan cara-cara yang sangat individual / berbeda, walaupun berada dalam rentang usia yang sama.

Hingga hari ini, BAKTI NUSA telah memberikan kemanfaatan kepada 360 mahasiswa yang tersebar di 20 kampus ternama di seluruh Indonesia. Beasiswa ini berasal dari dana zakat masyarakat yang dihimpun oleh Dompet Dhuafa, sekaligus merupakan bukti bahwa kebaikan yang dilakukan bersama-sama dapat membawa dampak yang signifikan. Semoga program ini dapat menjadi pemicu untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi negeri ini.

Komentar via Facebook