Pengalaman berharga dari Asia University Taiwan Summer Program 2018

0
177

Oleh :

Ahmad Syahid Abdulloh

(Penerima Manfaat Beastudi Etos)

Asia University Taiwan Summer Program 2018 merupakan serangkaian acara kerjasama antara partner universitas dari Asia University dengan berbagai universitas diseluruh dunia. Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan peserta sesuai bidang yang ditekuni. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Asia University Taiwan ini, merupakan program tahunan yang diselenggarakan selama musim panas. Bertempat di gedung desain dan perencanaan Asia University Taiwan, acara berlangsung mulai tanggal 15 juli sampai 29 juli 2018. Berbagai acara berfokus pada dunia desain, industry kreatif dan budaya diantaranya seperti Course Fusion Design, Course Fusing Glass design, Design Thiking Class, Site Visit ke beberapa museum terkenal di Taiwan. Selain itu ada banyak course lainnya yang memberikan pengalaman yang sangat menarik dan berharga bagi seluruh peserta.

Asia University Taiwan Summer Program 2018 mengambil sekitar 200 orang partisipan yang terbagi menjadi 8 course  dengan fokus yang berbeda. Peserta berasal dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Thailand, Malaysia, Mongolia, China, Singapura, India dan USA. Tentu  sebelumnya semua peserta telah mengalami proses seleksi dan wawancara.

Rangkaian acara dari Asia University Taiwan Summer Program 2018 ini sangat menarik dan memberi banyak manfaat kepada para peserta, terutama dalam mengembangkan minat dan bakat serta wawasan dalam dunia industri kreatif . Para peserta juga dapat melatih kemampuan public speaking and listening skill karena seluruh kegiatan ini menggunakan bahasa inggris. Selama 2 pekan peserta diberikan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi kebudayaan Taiwan baik dari segi bahasa, masyarakatnya, makanan khasnya dan banyak lainnya.

Pada sesi Site visit contohnya, peserta diberikan fasilitas sebanyak 2 kali kesempatan site visit dan 4 hari free-time untuk mengeksplor Taiwan dan mencari inspirasi untuk tugas-tugas yang diberikan selama course berlangsung. Pengalaman yang tak terlupakan adalah ketika berkeliling kota dengan kemampuan bahasa mandarin yang sangat minim, namun disitulah banyak pelajaran yang bisa didapatkan peserta selama melakukan eksplorasi budaya selama di Taiwan.

Pengalaman pergi ke negara lain yang bukan mayoritas berpenduduk muslim juga tentunya banyak memberikan kami pengalaman yang tak akan pernah terlupakan. Perjalanan ini pun juga menjadi pengingat bagi saya untuk terus bersyukur akan segala nikmat yang Allah berikan kepada saya. Besar harapan bagi saya untuk menjadikan pengalaman ini sebagai awal untuk terus berusaha menggapai impian-impaian besar saya selanjutnya.

Komentar via Facebook