Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarang Tempat

0
177

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Sebagai kota jasa, Pontianak menjadi tujuan banyak orang, tidak hanya itu, sebagai pusat kota di Kalbar, Pontianak menjadi tempat melanjutkan pendidikan bagi para pelajar dari berbagai daerah di Kalbar.

Seiring meningkatnya urbanisasi, meningkat pula produksi sampah dari masyarakat. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para pegiat lingkungan.

Seperti yang diutarakan ketua Hilo Green Community, Mas Ariandi Kurniawan. Dia merasa perlu gerakan nyata untuk menumbuhkan kesadaran agar masyarakat tidak lagi merasa biasa-biasa saja ketika membuang sampah sembarangan.

Sebagai pemuda yang aktif dalam gerakan lingkungan dia merasa pemerintah kota telah banyak mendukung kegiatan yang mereka selenggarakan.

Kendati demikian, dia memiliki saran jika sebaiknya tempat pembuangan sampah tidak berada di tepi jalan raya karena mengganggu, baik itu estetika maupun pengguna jalan itu sendiri.

“Pemerintah mengadakan tempat sampah di beberapa sudut tujuannya agar tidak menambah titik kumuh di Kota Pontianak, kita juga pernah diskusi tentang ini. Pemerintah berusaha sebisa mungkin agar sampah tidak menumpuk, karena itu dibuatlah beberapa titik,” katanya, Minggu (21/1/2018).

Dia berpendapat akan lebih baik jika tempat pembuangan sampah tidak di tepi jalan, tapi di tempat yang jauh dari aktivitas masyarakat.

“Apalagi jika sampah sedang meluber dan hujan turun, selain berbau tidak sedap itu juga membahayakan pengguna jalan,” tuturnya.

Dia berharap hal ini dapat jadi pertimbangan pemerintah.

Komentar via Facebook
VIAtribunnews.com
BAGIKAN